wELcOme to mY bLog
Powered By Blogger

Selasa, 18 Agustus 2009

Batu Kota Wisata

Bila anda menyukai wisata kota, telah mengunjungi kota seperti Bandung, Jogja ataupun Solo, dan ingin mencoba suasana yang berbeda, mungkin anda perlu merancang ulang rencana liburan anda kali ini, dan mengganti tujuan utama anda menjadi Kota Batu.

Anjuran ini bukan karena saya diminta oleh dinas pariwisata Kota Batu untuk membuat tulisan ini :) . Namun, penjalanan beberapa waktu lalu ke sana, memberi saya kesan berbeda dibandingkan kota-kota lain.

ImageKota kecil ini terletak di Utara Kota Malang, Jawa Timur. Dikatakan sebagai kota, karena sifat kota telah terlihat disini. Sistem pemerintahan yang mulai teratur, perkerjaan yang beralih dari bertani menjadi non-agraris dan sifat kota lain yang sudah terlihat.

Dikatakan kecil, karena kepadatan rata-rata penduduknya masih relatif rendah, 800 jiwa/km, bila dibandingkan dengan Kota Jogja yang mencapai 15.000 jiwa/km2, Bandung 15.000 jiwa/km2, Jakarta 13.000 jiwa/km2, dan Surabaya 22.000/km2. Bahkan bila dibandingkan kota tetangganya, Malang, yang kepadatan penduduknya mencapai 5600 jiwa/km2. Mungkin hal ini yang menyebabkan tidak ditemukannya kemacetan lalu lintas selama saya disana, kecuali tempat tujuan wisata saat akhir pekan.

Kesan pertama yang didapat saat tiba di Kota Batu adalah indah. Dengan keadaan alam yang dikelilingi gunung-gunung seperti gunung Ajuno, Welirang, Kawi dan Buntok, membuat kota ini memiliki panorama yang indah. Jalan yang berkelok-kelok mengikuti punggungan diantara gunung-gunung tersebut, menambah keindahan kota ini.

Bila anda datang berkendara dari Kota Malang, anda akan terus menanjak hingga pusat Kota Batu. Dari pusat kota anda akan terus menanjak, jika lurus terus, anda akan melewati jalan menuju Kediri, dan jika belok kanan, anda akan menuju Pacet. Jika anda tidak lagi mendapati jalan menanjak maka anda telah keluar dari Kota Batu. Karena batas Utara dan Barat kota ini merupakan punggungan yang menyambung antara gunung-gunung tersebut, dan biasa disebutsaddle.

Kesan lain yang terasa adalah sejuk, atau mungkin dingin tepatnya. Untuk saya yang berasal dari Jakarta, kota di pesisir, suhu antara 17-25,6C cukup memaksa pakaian tebal dikenakan. Wilayah administrasi kota ini memang berada di ketinggian 600-3000 mdpl.

Bicara administrasi, kota ini merupakan kota yang baru terbentuk. Dulunya, kota ini merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Malang. Tahun 1993, statusnya menjadi Kota Administratif dan berubah menjadi Kota pada Oktober 2001. Perubahan status ini memperluas wewenang pemerintah untuk mengatur kota ini.

Tidak salah bila pemerintah kota mencanangkan visi "Kota Batu, Agropolitan bernuansa pariwisata dengan masyarakat madani", dengan keindahan yang dimilikinya.

Image

Wisata yang beragam

Tidak kurang dari 9 tujuan wisata tersedia di kota ini. Salah satunya terkenal sejak dulu adalah Selecta. Untuk membandingkan, Selecta mirip dengan tujuan wisata Cibodas di Jawa Barat. Perbedaannya, Selecta memiliki view yang lebih luas, bila anda melihat ke arah pusat kota, nyaris seluruh kota terlihat.

Maklum, bangunan tinggi masih sedikit dan tidak menghalangi pemandangan. Selain Selecta, masih ada wisata alam yang lain seperti Songgoriti, Tirta Nirwana dan Klub Bunga.

Selain itu, penggemar wisata sejarah dapat mengunjungi Candi Suko di kompleks Songgoriti. Wisata industri juga tersedia dengan mengunjungi perusahaan kecil hingga menengah yang memproduksi makanan ringan dan kerajinan tangan. Di sana anda dapat membeli oleh?oleh dengan "harga miring".

Tak hanya itu, Kota Batu juga memiliki taman rekreasi Jatim (Jawa Timur) Park. Sebagai pengandaian, Jatim Park ini mirip dengan Ancol-nya Jakarta. Namun, udara yang sejuk akan membuat anda betah mengelilingi tiap wahananya.

Lelah berkeliling kota, tentu anda perlu mencari tempat menginap. Jangan khawatir, motel atau villa dengan harga 50.000,- per-malam hingga hotel berbintang banyak tersedia. Lokasinya pun dapat dipilih, yang di tengah kota maupun yang agak di tepi kota. Semua tergantung budget anda...

0 komentar :